Home » » Berlian Langka Pecahkan Rekor Laku Terjual Rp 207 Miliar

Berlian Langka Pecahkan Rekor Laku Terjual Rp 207 Miliar



Berlian "Archduke Joseph" yang populer di dunia akhirnya resmi terjual pada 13 November. Dalam pelelangan Balai Lelang Christie berlian 76 karat ini pun memecahkan rekor dunia penjualan berlian. Archduke Joseph laku terjual USD 21,5 juta atau setara Rp 207 miliar.

Berlian yang digambarkan sebagai kesempurnaan ini berasal dari tambang terkenal di Golconda, India. Dari sanalah berasal berlian terbaik di dunia seperti berlian asli jenis Koh-i-Noor dan Blue Hope. Tak heran pihak Christie mengaku ini salah satu permata paling berharga yang pernah dihadirkan dalam lelang.

Harga penawaran awal berlian ini USD 15 juta, lebih mahal dari harga penjualan sebelumnya pada 1993 lalu yaitu USD 6,5 juta. Namun pemenang lelang tahun ini di Balai Lelang Christie di Jenewa, Swiss, tidak disebutkan namanya.

"Ini merupakan rekor dunia bagi sebuah berlian dari Golconda dan rekor harga dunia per karat bagi berlian tanpa warna," kata Francois Curiel, direktur departemen perhiasan Christie. "Pasar tidak dalam kondisi terbaik pada saat ini, jadi penjualan malam ini sangat mengherankan."

Berlian ini dinamakan sesuai pemiliknya, Archduke Joseph August, dari Austria (1872-1962). Batu permata itu dinilai memiliki kualitas bentuk, warna dan kejernihan paling tinggi yang dapat ditemukan dalam sebuah berlian. Nilai sejarahnya yang sempat hilang selama masa Perang Dunia Dua juga menjadikan berlian langka ini semakin terkenal.

Bagikan ke

Facebook Google+ Twitter

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Unik Banget - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger