Home » » Keju Ternyata Sudah Dibuat Sejak 7.500 Tahun Lalu

Keju Ternyata Sudah Dibuat Sejak 7.500 Tahun Lalu

Keju merupakan bahan makanan populer namun kapan kelahirannya masih jadi perdebatan. Kini para peneliti melaporkan dalam jurnal Nature bahwa telah menemukan kapan pertama kali manusia membuat keju. Mereka meyakini olahan susu itu sudah dibuat sejak 7.500 tahun yang lalu.

Hal tersebut diungkapkan para peneliti saat menemukan 34 buah tembikar prasejarah dari Polandia. Tembikar tersebut memiliki lubang seperti saringan keju modern. Peneliti dari University of Bristol, Inggris, pun menganalisis ekstrak asam lemak yang ditemukan di dalam benda tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa tembikar itu sudah digunakan untuk memisahkan susu dan diubah menjadi keju. Penemuan ini pun mengejutkan peneliti karena manusia zaman Neolitikum telah memiliki pengetahuan kompleks mengenai cara hidup. Itu menandakan mereka tidak hanya membunuh hewan namun juga memanfaatkan untuk produksi berkelanjutan.

"Membuat keju memungkinkan mereka mengurangi kadar laktosa susu, sebab pada waktu itu sebagian besar orang alergi terhadap laktosa," ucap peneliti Peter Bogucki yang diperkuat kepala penelitian, Richard Evershed. "Penemuan ini benar-benar luar biasa, sebab ternyata manusia prasejarah sudah menjalani diet sehat dan menggunakan teknologi yang luar biasa untuk mengolah makanannya."

Catatan tentang pembuatan keju tertua yang dimiliki manusia adalah berasal dari 5 ribu tahun lalu. Namun dugaan lebih tua, 8 ribu tahun lalu juga sempat berkembang karena ditemukan residu susu di suatu alat. Namun penemuan di Turki dan Libya itu tidak memiliki bukti bahwa susu di sana telah diolah menjadi keju. (unikbanget.net)

Bagikan ke

Facebook Google+ Twitter

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Unik Banget - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger